Make Mock-up with Moqups


Jadi, 1 minggu berhari - hari yang lalu, tiba - tiba si babeh ngasih kerjaan bikin semacam web-app. Secara aku yang selalu kagok kalo udah disuruh bikin yang ada bau - bau web, mulai lah belajar *gaya*. Tenang, aku nggak bakalan ngepost catatanku kok *ya kali sapa yang mau baca juga*, aku cuma mau ngenalin satu web yang membantu kita bikin mockup web.

Atau ada yang belum tahu apa itu mockup? kalo kata wiki mockup full-size model of a design or device, used for teaching, demonstration, design evaluation, promotion, and other purposes. Nah, kalo untuk web, mockup ini digunakan untuk mereka - reka, desain web yang akan kita buat. Btw, sebenarnya tau istilah ini setelah ada teman yang kerja di bidang ini, kalo dulu jaman kuliah sih, rasanya terlalu banyak hal yang tanpa rencana, hehe.

Dan..salah satu online mockup tool yang aku temukan : moqupsSelain itu ada juga creately, mockupbuilder, dan beberapa lain nya yang bisa disebutkan. Tapi, kali ini sih pengen bahas nya moqups, kenapa? karena ini benar - benar mengingatkanku pada masa suram bahagia di semester akhir setahunan yang lalu *halah*

screenshot of moqups

Pertama buka moqups, kita bakalan disuguhin bidang gambar (yang bentuk defaultnya grid) yang disebut page, dan disamping kirinya dilengkapi dengan stencil - bentuk/part yang bisa kita drag and drop ke dalam page(s). Selain stencil, bisa juga kita drag and drop gambar yang sudah diupload (ah, but you need to be member of moqups to do it). Kita juga bisa nambah page kok kalo mau, save project, dan saling komentar untuk project yang sudah ada (okay, limited for member only! again, haha). Coba aja deh.

Kalo kamu teman - teman masa kuliah yang aku paksa jadi tester, atau pun teman - teman yang tahu final projectku, pasti bisa lihat kalo ini mirip dengan yang aku tunjukkan dulu (sekilas kalo lihat bidang gambar dan stencilnya, hhi). Eitsss, tapi aku nggak jiplak kok, taunya ini juga barusan ._. beda bahasa, beda platform, dan jelas beda purpose juga. Tapi ya, jadi inget saran salah satu dosen dulu, buat bikin projectku online, mungkin kalo di online-in jadi semakin mirip ini ya, hahaha. Jadi pengen pamer liatin project dulu deh, yang bikinnya pake nangis segala :p, sila lihat demonya di sini. Atau mungkin kapan - kapan nurutin saran dosen itu? who knows :D

Happy working! 
-iMa

Share:

0 comments